Hello and Goodbye 2020

Tahun 2020, tahun yang tadinya dijadikan target bagi sebagian orang karena angkanya cantik. Angka kembar. Bahkan gw inget kampus gua dulu misinya adalah go global di tahun 2020 ini, tapi ntah bagaimana sekarang, udah ga update lagi soal kegiatan di kampus. Tapi nyatanya tahun ini zonk banget ya, bukan cuma di Jakarta, bukan cuma di Indonesia, tapi di seluruh dunia.

Yap, awal tahun 2020 tepat pada tanggal 1 Januari itu kita yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya sudah dilanda banjir yang cukup parah. Seenggaknya selama gw tinggal di kontrakan di Tanjung Duren sini sejak 2015 kayanya ga pernah sampai begini amat sih. Biasa yang banjir di beberapa jalan besar aja karena memang agak turun, tapi kali ini sampai kedepan rumah. Lalu gw sama mama keliling-keliling sekitaran, banjir-banjiran, seru juga sih hahaha.. Terakhir main banjir kayanya pas awal 2013 waktu jalan kaki dari Harmoni ke Grogol. Kita ke kali Sekretaris, kali yang menjaga wilayah yang dilintasinya dari mara bahaya banjir. Kali ini airnya udah penuh dan bahkan bocor tanggulnya, makanya banjir parah di Tanjung Duren. Bahkan beberapa wilayah sampai mati lampu berhari-hari.

Kondisi depan kontrakan

Kacau sih keadaannya sampai seluruh aktivitas warga harus dihentikan gara-gara banjir ini. Rumah makan pada tutup, beberapa yang buka pastinya diserbu. Minimarket pun barangnya sampai pada kosong diserbu warga, beberapa mall bahkan pada kerendem banjir. Sekitar 2-3 hari kaya gitu terus kondisinya.

Kali Sekretaris

Yaudah donk, awal tahun udah dilanda bencana, saatnya kita mulai menyongsong hari-hari penuh harapan di tahun 2020. Eh baru juga membaik ya, tau-tau ada kabar Provinsi Wuhan di China ada virus yang mematikan dan bisa menyebar dengan sangat mudah dari droplet. Namanya Corona Novel Virus a.k.a Covid-19. Virus ini mulanya muncul di Nov/Des 2019, terus menyebar lumayan luas pas bulan Jan 2020 karena pas Imlek kan warga sana ada yang pulang kampung, ada yang liburan ke luar negri, jadi kebawa deh itu virus ke belahan dunia yang lain. Di Indonesia sendiri baru diumumin ada yang positif kena pas pertengahan Maret, dan beberapa minggu kemudian langsung diumumin untuk PSBB (Pembatasan Sosial Bersekala Besar) dimana warga ga boleh beraktivitas keluar rumah. Kalau diluar negri mereka menyebutnya lockdown karena mereka bahkan memblokir akses keluar-masuk negaranya. Sejak orang-orang disuruh kerja dari rumah, istilah WFH (Work From Home) pun akhirnya tidak asing lagi. Ga boleh keluar rumah, ga boleh berjabat tangan, ga boleh berbicara dalam jarak dekat, harus selalu memakai masker walaupun tidak sakit, banyak sekali kebiasaan-kebiasaan baru yang harus diadaptasi agar virus ini tidak semakin menyebar. Sampai waktu itu ada yang bilang "disaat inilah kalian dapat menjadi pahlawan hanya dengan rebahan di kasur", keren kan? Tujuannya ya agar orang tidak kemana-mana dan memperparah keadaan. Karena penyakit ini bisa saja diderita tanpa memiliki gejala apa-apa, jadi terlihat seperti orang sehat tapi sebenarnya mereka bawa virus kemana-mana. Ohya, muncul juga yg namanya era New Normal karena munculnya penyakit ini, tapi sekarang disebutnya era adaptasi kebiasaan baru.

Padahal bulan Maret itu ya, gw baru aja menerima kenaikan gaji setelah hampir 2 tahun gada kenaikan sama sekali. Jadi kondisi kantor gw di tahun 2019 tuh kurang bagus, bahkan sampe ada "Thanos" yang mengeliminasi 50% karyawan di kantor, gaji kita pun saat itu dipangkas untuk menyelamatkan perusahaan. Jadi ya setelah menikmati angka gaji baru di Maret dan April, bulan Mei nya kita kena pangkas lagi gara-gara Covid. THR pun ditunda sampai Desember. Management terpaksa melakukan hal tersebut supaya perusahaan bisa bertahan sampai masa krisis Covid berakhir. Di berita mulai muncul banyak perusahaan yang merumahkan dan PHK karyawan-karyawannya buat menghemat biaya operasional, jadi ya kita masih bersyukur sih meskipun gaji berkurang tapi kita masih bisa kerja dan berpenghasilan. Lalu perlahan-lahan kondisi mulai membaik walaupun angka penderita Covid masih melonjak terus. Sebenernya dibilang membaik juga ga tepat sih, karena orang-orang udah semakin cuek aja, karena bagi beberapa orang lebih baik mati karena Covid daripada mati kelaparan. Gw paham sih, ada keluarga yang perlu dinafkahi, bergantung dari bantuan pemerintah aja ga bakalan cukup. Jadi makanya yang bisa jaga diri kita agar ngga terserang virus itu adalah diri kita sendiri. Kadang orang serumah pun belum tentu jaga kebersihan kok.

Ada sisi positifnya dari pandemi ini? Ada donk...
  • Hemat, karena ga bisa kemana-mana, ga bisa liburan, jadi budget liburan aman di rekening
  • Belajar masak & bikin kue, karena banyak waktu kosong pas awal-awal pandemi jadi diisi dengan kegiatan baru yang bermanfaat
  • Jadi lebih feminin lol. Seriusan, gara-gara dirumah terus jadi demen masak, demen bersih-bersih, demen liat barang-barang cantik. Salah satunya tuh gw jadi pengen pake anting lagi karena lucu-lucu. 😂 Trus karena mahal kan kalo tindik lagi, tak tusuk-tusuk aja tuh bekas tindikan gw dan akhirnya tembus donk dua-dua nya hahaha sadis maaf.

Bercerita dari sisi lain, sebenarnya gw dan pasangan sejak awal tahun sudah merencanakan untuk nikah di tahun 2021. Tak pikir semakin cepat disiapkan semakin bagus lah pasti, ngga terburu-buru dan semua bisa dimatangkan dengan baik, makanya gw persiapkan 1 tahun sebelumnya. Bulan Febuari-Maret kita udah survei ke 2 Wedding Expo dan 1 Bridal sampai akhirnya Covid merebak, PSBB diberlakukan, dan kita akhirnya ga bahas-bahas lagi donk soal nikahan ini. Soalnya kebetulan juga koko gw jg mau nikah, jd biarin dia duluan lah biar ga ngelangkahin lol. Tapi eh pas bulan Agustus gw liat ada promo bridal yang lumayan  murah menarik, jd gw ajak doi buat survei. Tadinya gw anti tuh bridal yg jauh-jauh, repot kan harus bolak balik urus ini itu kalo jauh. Tapi karena harganya pas di kantong dan cukup oke, jadi yauda ambil aja lah. Gw bela-belain nih jauh-jauh demi berhemat wkwk. Kita sih nikahan memang ga mau terlalu wah, yang penting statusnya sah aja menjadi suami istri. Walopun kadang ego seorang wanita tidak bisa dipungkiri ya, pasti mau ini itunya tetep cantik. Harus diinget lagi tujuan awalnya apa, mau hemat untuk keperluan lain, atau mau dihabisin untuk 1 hari aja. Untungnya dari kecil juga gw ga pernah punya mimpi untuk nikahan seperti apa, kepengen nikah pun ngga haha. Gw terlalu nyaman dengan kehidupan gw saat ini wkwk. Tapi sekarang saatnya keluar dari zona nyaman dan menantang diri dengan kehidupan yg baru 😎

Untuk detail pernikahan mungkin nanti gw buat postingan dedicated aja lah ya kalo rajin, biar bisa dicatet lebih detail. Sekarang gw lagi dag dig dug duerr memikirkan soal rumah, karena sepertinya kita bakalan beli rumah di daerah Tangerang. Awalnya mau sewa dulu sih 2 tahun baru beli rumah, tapi tiba-tiba ada rumah yang masih masuk ke budget kita dan ga terlalu jauh. Rumah second, tapi udah rapih, jadi good deal sih ga perlu banyak tambahan. Semoga dilancarkan jalan dan usaha kami, dan juga tidak salah pilih. Supaya tahun 2020 bisa ditutup dengan sebuah achievement yang bahkan belum dimasukkan ke wishlist 😇

0 comments:

 

Design in CSS by TemplateWorld and sponsored by SmashingMagazine
Blogger Template created by Deluxe Templates